|
| | | | | | | | |
| MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII | | | | | | | | |
| TAHUN 2019/2020 | | | | | | | | |
|
|
| | | | | | | | | |
| Semester | Kompetensi Dasar | Jumlah Jam | | | | | | | | |
| 1 | 3.1. | Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 4 | | | | | | | | |
| 4.1. | Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
| 3.2. | Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | 4 | | | | | | | | |
| 4.2. | Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | 4 | | | | | | | | |
| 3.3. | Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis | 4 | | | | | | | | |
| 4.3. | Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi | 4 | | | | | | | | |
| 3.4. | Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah | 6 | | | | | | | | |
| 4.4. | Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan | 6 | | | | | | | | |
| 3.5. | Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial | 4 | | | | | | | | |
| 4.5. | Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
| 3.6. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial | 6 | | | | | | | | |
| 4.6. | Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis | 6 | | | | | | | | |
| 3.7. | Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 4 | | | | | | | | |
| 4.7. | Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
| JUMLAH | 64 | | | | | | | | |
| 2 | 3.8. | Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca | 2 | | | | | | | | |
| 4.8. | Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis | 2 | | | | | | | | |
| 3.9. | Menganalisis isi dan kebahasaan novel | 2 | | | | | | | | |
| 4.9. | Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis | 2 | | | | | | | | |
| 3.10. | Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca | 4 | | | | | | | | |
| 4.10. | Menyusun opini dalam bentuk artikel | 4 | | | | | | | | |
| 3.11. | Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah | 4 | | | | | | | | |
| 4.11. | Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | 4 | | | | | | | | |
| 3.12. | Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis | 4 | | | | | | | | |
| 4.12. | Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
| 3.13. | Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai | 4 | | | | | | | | |
| 4.13. | Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
| 3.14. | Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 2 | | | | | | | | |
| 4.14. | Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 2 | | | | | | | | |
| JUMLAH | 44 | | | | | | | | |
| Boyolali, 29 Mei 2019 | | | | | | | | | |
| Mengetahui | | | | | | | | | | |
| Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. | | | | | | | | |
| NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001 |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
0 Response to "CONTOH PROTA BAHASA INDONESIA SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS XII"
Post a Comment