PERBAIKAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF MENJADI KALIMAT EFEKTIF: PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN 2018


PERBAIKAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF MENJADI KALIMAT EFEKTIF
41. Perhatikan kalimat berikut!
Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ….
A. Pendidikan karakter amat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
B. Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
C. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
D. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
Kunci jawab: D
Pembahasan
Kalimat efektif ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya. 
Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Berdasarkan syarat-syarat kalimat efektif tersebut, kalimat Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa  adalah kalimat yang tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda). 
Analisis kalimat (1) sebagai Berikut.
a.       Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa. (tidak hemat) 
b.      Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa. (hemat) 
RINGKASAN MATERI
KALIMAT EFEKTIF

A.      Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif

1.    Keutuhan

Contoh:

a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)

b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.    Kesejajaran

1)   Bentuk

a.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)

b.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)   Makna

a.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan melawan. (tidak sejajar)

b.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)   Pengedepanan

a.    Sangat membanggakan siswa kita itu.

b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.    Anak yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak temannya.

b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.    

4.    Kehematan

1)   Penghilangan Subjek

a.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian siswa  itu langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)

b.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)   Penghilangan Bentuk Sinonim

a.    Menjaga kebersihan sekolah adalah merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)

b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.    Sejumlah guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)

b.    Sejumlah guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.    Kelogisan

Contoh:

a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)

b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)
  
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Prosedur Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Laporan Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
  1. Makna kata dalam teks
  1. Ide pokok paragraf
  1. Kalimat utama paragraf
  1. Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan dalam teks
  1. Kalimat hubungan sebab akibat
  1. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
  1. Konflik dalam cerita
  1. Amanat cerita
  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks
  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks
  1. Teks laporan
  1. Urutan kalimat teks sastra
  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain
  1. Perbaikan penulisan ejaan
  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
  1. Ringkasan teks
  1. Tokoh utama cerita
  1. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
  1. Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
  1. Struktur teks resensi
  1. Pendapat pro dan kontra
  1. Jenis-jenis teks prosedur
  1. Melengkapi teks prosedur
  1. Menyunting teks prosedur
  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
  1. Fakta dan opini dalam teks biografi
  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
  1. Cara memvariasikan kalimat
  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
  1. Makna simbol dalam cerpen
  1. Menentukan bagian alur cerpen
  1. Syarat-syarat paragraf yang baik
  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
  1. Kalimat tidak efektif
  1. Alasan penggunaan kata yang salah
  1. Penulisan huruf kapital
  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
  1. Kesalahan penggunaan tanda baca
  1. Penggunaan ejaan yang tepat
  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca

Sumber https://zuhriindonesia.blogspot.com/

0 Response to "PERBAIKAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF MENJADI KALIMAT EFEKTIF: PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel